Internet Sehat Bikin Hebat

Posted: April 9, 2011 in Uncategorized

Good Internet, make us perfect. Be Safe, Be Perfect

Internet??? Pertama kali mendengar kata internet waktu punya komputer dengan spesifikasi, yah, kalau dibandingkan dengan sekarang bisa dibilang uda ketinggalan jaman a.k.a jadul hehehehe. Begini ceritanya, dulu waktu masih kecil (sekitar tahun 1998), kakak dibelikan sebuah komputer, saudara yang membelikan komputer kakak bilang kalau komputer nya bisa internet, dalam hati saya bingung internet itu apa? ya sudah, karena tidak mengerti, saya lupakan saja. Pada hari keesokan harinya, saudara datang, mencoba koneksiinternet memakai TelkomNet Instan, setelah tersambung dengan internet, saya kagum melihat internet, kemudian disuru coba sama saudara, eh… mulai dah saya ketagihan internet, diam diam colok kabel telepon ke modem, kemudian  browsing sana sini, sampai  – sampai tagihan telepon agak membengkak >.<” (biaya internet dulu mahal, 10ribu per jamnya  meskipun browsing sebentar juga mahal) ..  dari situlah saya kenal dengan kata internet, dan sampai sekarang pun masih sering menggunakan internet hehehe….

Apa sih internet itu sebenarnya? Internet menurutku itu, seperti jaringan besar yang memungkinkan semua komputer terhubung dan saling berbagai antar pengguna. Mengapa saling berbagi? yah menurut yang saya lihat selama ini, banyak orang yang berbagi sesuatu di  internet, mungkin karena sifat dasar manusia adalah makhluk sosial yah, jadi segala apapun yang dia punya, dia akan bagikan dengan sesamanya (Sok tau saja saya ini hihihihi  ).

Kemudian didalam internet terdapat apa aja? Teringat papa saya dulu sering tanya “Di internet itu ada apa sih nak? kok keliatannya suka banget, asik sama namanya internet?” Jawab saya “Banyak pa, ga bisa disebutin” hehehe. Memang, banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari internet, salah satu contoh manfaatnya seperti saya sendiri, saya sebagai seorang mahasiswa, saya sering mencari referensi di internet untuk tugas yang saya dapat dari dosen, banyak sekali refrensi yang bisa saya dapat dari  internet. Selain mencari tugas, terkadang saya juga mencari informasi mengenai gadget terbaru terkini. Masih banyak manfaat internet lainnya, oleh karena itu, karena manfaat dari  internet ini sangat banyak, saya bilang  internet itu seperti sebuah perpustakaan besar, sangat besar, jendela terbesar di dunia yang didalamnya terdapat sumber informasi informasi yang sangat lengkap, seperti kita membuka jendela kamar pada saat pagi, kita bisa melihat sesuatu yang baru atau apapun di sekeliling kita, begitu juga dengan internet, selalu ada yang baru setiap detik  .

Sayangnya, Internet seperti yang dibicarakan orang banyak pada jaman sekarang mempunyai image/terkenal sebagai sumber yang jelek atau bisa disebut sebagai pembawa kejelekkan. Hal ini juga pernah saya alami dulu waktu pamit ke orang tua pergi ke warnet, orang tua pasti bilang “Jangan buka yang ngga ngga loh nak, kalau udah selesai cepet pulang, papa sama mama ga mau tar kamu jadi macam – macam karena internet“. Bagaimana bisa internetdisebut pembawa kejelekkan? Internet pada jaman sekarang telah tercemar dengan konten konten yang buruk, seperti pornografi, virus, bahkan internet sering disalah gunakan untuk mengexploitasi sesuatu, hacking, cracking dan lainnya. Padahal sebenarnya  internet itu membawa sebuah kemajuan dan perubahan dalam banyak hal, contohnya seperti :

  1. Membuat orang yang katrok akan teknologi dan informasi menjadi up to date,
  2. Sebagai sarana untuk pengembangan bisnis seperti toko online,
  3. Penyaluran bakat seperti blogging untuk para remaja. Dengan bloggingpara remaja dapat mengisi waktu luang dengan mengisi atau mengupdate blog blog mereka entah dengan cerita yang pernah mereka alami atau teknologi gadget terbaru, atau malah diisi sebagai sumber sumber informasi atau pengetahuan yang dapat membantu orang yang sangat membutuhkan informasi itu, bahkan kegiatan blog ini bisa membawa kesuksesan seperti Raditya Dika yang berhasil membukukanblog nya..🙂,
  4. Penghubung antar teman atau belajar bersosialisasi seperti facebook/friendster.
  5. Saling berbagi informasi,diskusi sesuatu di suatu forum seperti kaskus.
  6. Penunjang dalam pemahaman materi pembalajaran atau penunjang dalam pendidikan seperti di sini.

Banyak juga orang yang menjadi sukses karena  internet, contohnya yaitu pendiri Ebay.com, Pierre Omidyar, hanya sebuah keisengan membantu teman untuk mendapatkan pembeli bagi produk yang dijual oleh temannya kemudian memafaatkan  internet untuk mencari pembeli, ternyata keisengan ini membawa respon positif dari internet dan keuntungan yang lebih banyak bagi Omidyar. Hebat bukan? Tidak hanya itu, di negara kita pun, juga banyak orang yang sukses karena  internet, salah satu contohnya yaitu pendiri kaskus, Andrew Darwis.

Sama seperti Pierre Omidyar, hanya berawal dari Hobi yang tersalurkan diinternet, Andrew Darwis bisa menjadi seperti sekarang, situs kaskus menjadi top di Indonesia sebagai forum komunitas paling nyaman dan bebas bersuara.

Wah kok mereka bisa sukses?? rahasianya adalah internet sehat, memanfaatkan internet dengan sebaiknya. Dengan internet sehat, banyak manfaat yang dapat kita peroleh, kita memperoleh banyak ilmu, pengalaman, mengembangkan kreatifitas yang kita miliki. Seperti orang sukses di atas, dengan internet sehat, kesabaran, keuletan, mereka bisa sukses seperti sekarang. Kalau kita ingin sukses seperti mereka, kita harus meniru jejak mereka yaitu dengan internet sehat, memafaatkan internet dengan sebaik nya  bisa dimulai dengan cara menerapkan kebiasaan seperti dibawah ini.

  1. Memanfaatkan internet sebaik mungkin.
  2. Bagi netter yang remaja, saling terbukalah kepada orang tua, ceritakan apa yang kamu temui di  internet kepada orang tua, tidak perlu takut ataupun malu, ceritakan saja agar orang tua bisa menanggapi dan kita tidak salah dalam mengambil tindakan.
  3. Mengetahui batas waktu dalam berinternet. Apalagi kalau bermain game, bermain game termasuk bagus karena menyegarkan pikiran, tetapi jangan berlebihan, tetap ingat waktu, bermain internet terlalu lama pun juga tidak baik.
  4. Mengetaui mana konten yang baik, mana konten yang buruk, kalau tidak sengaja membuka konten yang negatif, segera tinggalkan, tidak ada manfaatnya kalau kita membuka konten tersebut.
  5. Identitas diri kita diinternet adalah segalanya, jadi jangan pernah membuka   identitas diri kita masing masing  diinternet, apalagi internet sekarang banyak orang yang salah menggunakan, nanti kita yang dirugikan juga karena identitas kita disalah gunakan.
  6. Tidak melupakan kegiatan sehari – hari, remaja khususnya, kejar cita cita setinggi mungkin, biar jadi orang hebat buat nusa dan bangsa ini nanti
  7. Jangan mudah percaya sama orang yang tidak dikenal melalui internet, apalagi sampai mengajak ketemuan, tetapi kalau ingin bertemu ajak teman dekat, atau anggota keluarga untuk menemani saat bertemu dengan orang tersebut.

Bagi orang tua, tidak ada salahnya mengenalkan internet sehat pada anak anak mulai dari dini, karena dengan  internet sehat,  dapat membantu anak anak dalam mengembangkan kreatifitas yang dimilikinya, namun tetap harus ada pengawasan terhadap perkembangan anak anak dan selama anak anak menggunakan internet.

Kalau kita berkomitmen untuk menghindarkan diri dari hal negative internet dan menjaga diri (berinternet dengan sehat), maka internet tidak membawa dampak yang buruk, malah membawa segala sesuatu yang positif, dan membawa sebuah keuntungan bagi diri kita, dan kita pun akan menjadi hebat dengan segala informasi atau pengetahuan yang kita miliki.

Nah untuk mendukung komitmen pada diri kita sendiri untuk berinternet sehat seperti di atas, ada baiknya kita juga mengatur komputer  yang kita pakai untuk berinternet, sehingga konten konten yang berdampak negatif tidak muncul di komputer kita. Caranya dapat dilihat disini

Jadi, setelah berkomitmen berinternet sehat, didukung dengan teknologi yang aman, dan semangat untuk meniru jejak jejak orang yang sukses di internet karena  internet sehat, manfaatkan internet dengan baik, dengan begitu, banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari internet…

Internet Sehat??? Bikin kita hebat!! Be Safe, Be Perfect

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s