Mengatur Depan Belakang Objek Pada CorelDraw

Posted: Februari 3, 2011 in Uncategorized

lmu Grafis Tutorial Mengatur Depan Belakang Objek Pada CorelDraw diperlukan saat membuat objek yang bertumpuk. Objek tersebut dibuat berdasarkan layer masing-masing sebagai letak penempatan objek (seperti pada adobe illustrator dan adobe photoshop. Namun pada coreldraw layer ini tidak secara langsung kelihatan. Anda bisa melihat layer pada Menu Window > Dockers > Objek Manager atau Anda akan melihatnya ketika membuat objek dalam satu tempat (bertumpuk).
Fasilitas mengatur depan dan belakang objek adalah fasilitas umum dan standart yang dipakai oleh beberapa software pengaolah citra visual dan office (biasanya pada saat kita memasukkan gambar dan objek/shape). Karena sifatnya yang umum nama fasilitas ini hampir mirip pada setiap software desain grafis, seperti send to back, bring forward, bring to front dan lain sebagainya. Yang pasti fasilitas ini dinamakan ORDER. Untuk mempelajari hal ini ikuti tutorial berikut:
Cara Mengatur Depan Belakang Objek pada CorelDraw
1. Buat dulu objeknya. Objek pertama menggunakan rectangle tool, tekan tombol keyboard CTRL agar berbentuk persegi saat Anda membuatnya. Objek kedua buat lingkaran sempurna dengan ellipse (F7), lakukan kilik drag menggunakan tool tersebut sambil menekan tombol keybord CTRL. Objek ketiga buat persegi panjang menggunakan rectangle tool lagi, tapi kali ini tanpa menekan tombol CTRL saat membuatnya.
Warnai ketiga objek tersebut dengan warna yang berbeda, misalnya merah kuning hijau dan posisikan pada letak yang sama (menumpuk) dengan cara memilih ketiga objek tersebut sambil menekan tombol SHIFT dan klik pada objek-objek tersebut kemudian tekan tombok C (agar objek pada posisi tengah) kemudian tekan tombol E(agar objek pada posisi middle) lihat tutorial berikut untuk pemahaman lebih.

2. Menggunakan pick tool (paling atas) klik sekali pada workspace dimana saja agar objek terseleksi menjadi tidak terpilih. Kemudian klik kanan pada objek lingkaran, pilih Order. Atau pilih objek lingkaran kemudian pilih Menu Arrange > Order.

Penjelasan :
To Front of page : mengatur objek terpilih agar menjadi paling depan dari halaman ( Shortcut keboard CTRL + HOME)
To back of page : mengatur objek terpilih agar menjadi paling belakang dari halaman
To Front of Layer : mengatur objek terpilih agar menjadi paling depan dari layer
To Back of Layer : mengatur objek terpilih agar menjadi paling belakang dari layer
Forward One : mengatur objek terpilih agar menjadi kedepan satu langkah dari objek lainnya
Back One : mengatur objek terpilih agar menjadi kebelakang satu langkah dari objek lainnya
In Front Of : mengatur objek terpilih agar menjadi didepan satu langkah dari objek terpilih (pilih objek penanda via mouse dengan ikon panah)
Behind : mengatur objek terpilih agar menjadi dibelakang satu langkah dari objek terpilih (pilih objek penanda via mouse dengan ikon panah)
3. Untuk langkah paling cepat adalah dengan menggunakan Shortcut Keyboard. Langsung Praktek ya…
Selamat Mencoba

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s